728x90 AdSpace

Pos Terbaru

Jangan Sampai Ukhuwah Rusak Karena Dunia

Pentingnya ukhuwah karena Allah bukan karena dunia atau yang selainnya, diantara yang bisa menyebabkan rusaknya ukhuwah adalah dunia. Disebutkan dalam kitab Ni’matul Ukhuwah sebuah kisah :
Ada seorang muhaddits yang mengajak murid-muridnya untuk sholat jenazah dan memakamkan jenazah. Ketika berjalan sampai di sebuah tempat, di sana ada sekawanan anjing yang nampak saling bercengkrama.

Lalu muhaddits dan murid-muridnya tadi sampai ke tempat jenazah, setelah jenazah tadi selesai dishalatkan dan dimakamkan, kemudian mereka pun pulang.

Setelah sampai di tempat tadi, ternyata anjing-anjing yang tadinya bercengkrama, berubah menjadi saling menggonggong, saling berebut. Ternyata di tengah-tengah anjing itu ada bangkai yang dilemparkan, makanan lezat bagi anjing-anjing tadi, akhirnya mereka saling berebut bangkai tadi.

Maka sang muhaddits berhenti sejenak memberikan pelajaran kepada murid-muridnya :
Wahai saudaraku perhatikanlah anjing-anjing ini, mereka sebelumnya saling mencinta ketika dunia tidak ada di tengah-tengah mereka. Maka ketika dilemparkan bangkai di tengah-tengah mereka, mereka saling berebut. Begitu pula dunia ketika dilemparkan di tengah-tengah kalian.” [1]
 Allohu a’lam
________________
[1] Penjelasan dari Al Ustadz Afifuddin.\
 
Kajian Merajut Ukhuwah Menepis Perpecahan bersama Ust Afifuddin As Sidawy. [link download]
(Sumber: http://farisna.wordpress.com)

Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma berkisah, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melewati pasar sementara orang-orang ada di sekitar beliau. Beliau melintasi bangkai seekor anak kambing yang kecil atau terputus telinganya (cacat). Beliau memegang telinga bangkai tersebut seraya berkata: 

أَيُّكُمْ يُحِبُّ أَنَّ هَذَا لَهُ بِدِرْهَمٍ؟ فَقَالُوا: مَا نُحِبُّ أَنَّهُ لَنَا بِشَيْءٍ وَمَا نَصْنَعُ بِهِ؟ قَالَ: أَتُحِبُّوْنَ أَنَّهُ لَكُمْ؟ قَالُوا: وَاللهِ، لَوْ كَانَ حَيًّا كَانَ عَيْبًا فِيْهِ لِأَنَّهُ أَسَكُّ فَكَيْفَ وَهُوَ مَيِّتٌ؟ فَقَالَ: فَوَاللهِ لَلدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللهِ مِنْ هَذَا عَلَيْكُمْ

“Siapa di antara kalian yang suka memiliki anak kambing ini dengan membayar seharga satu dirham?” Mereka menjawab, “Kami tidak ingin memilikinya dengan harga semurah apapun. Apa yang dapat kami perbuat dengan bangkai ini?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian berkata, “Apakah kalian suka bangkai anak kambing ini menjadi milik kalian?” “Demi Allah, seandainya pun anak kambing ini masih hidup, tetaplah ada cacat, kecil/terputus telinganya. Apatah lagi ia telah menjadi seonggok bangkai,” jawab mereka. Beliau pun bersabda setelahnya, “Demi Allah, sungguh dunia ini lebih rendah dan hina bagi Allah daripada hinanya bangkai ini bagi kalian.” (HR. Muslim no.7344)

Faisal Choir Blog :

Blog ini merupakan kumpulan Artikel dan Ebook Islami dari berbagai sumber. Silahkan jika ingin menyalin atau menyebarkan isi dari Blog ini dengan mencantumkan sumbernya, semoga bermanfaat. “Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR. Muslim). Twitter | Facebook | Google Plus

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Jangan Sampai Ukhuwah Rusak Karena Dunia Description: Rating: 5 Reviewed By: samudera ilmu
Scroll to Top