Muhtar Arifin, Lc
Kehidupan di dunia yang amat singkat ini adalah merupakan bagian dari
perjalanan manusia yang amat panjang. Meninggal dunia adalah perkara
yang pasti. Setelah itu dilanjutkan dengan tinggalnya seseorang di alam
kubur sampai tegaknya hari kiamat. Dalam kubur, terdapat suatu adzab
yang tersendiri, di antaranya yaitu pukulan yang dahsyat, himpitan tanah
sampai tulang rusuknya berselisih, panas yang memenuhi ruang kuburnya,
dan lain-lain sebagaimana dijelaskan dalam hadits-hadits yang shahih.
Dalam masa penantian ini, tentu saja setiap orang menginginkan untuk
selamat dari adzab yang ada dalam kuburnya. Semoga Allah melindungi kita
semua dari adzab kubur.
berikut ini adalah beberapa perkara yang dapat menyelamatkan seseorang dari adzab kubur, antara lain yaitu
[1] :
1. Membaca Surat Tabarak Setiap Malam
Hal Itu Berdasarkan Sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“Surat Tabarak adalah pelindung dari Adzab Kubur.”[2]
Dari Abdullah bin Mas’ud
radhiyallahu ‘anhu beliau berkata : Barangsiapa yang membaca
Tabarakalladzi Biyadihil Mulku setiap malam, maka Allah
Ta’ala akan menahannya disebabkan oleh bacaan tersebut dari adzab kubur. Kami -pada masa Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam- menamainya
al-Mani’ah (penahan).
Ia dalam Kitabullah adalah sebuah surat yang barangsiapa membacanya
dalam suatu malam, maka dia telah banyak dan berbuat baik.
[3]
2. Menjaga Diri Dari Percikan Air Kencing
Meninggalkan bersuci dari najis setelah buang air kecil dan tidak
berhati-hati dengannya sehingga mengenai anggota badan atau pakaian
adalah perkara terbanyak yang menyebabkan seseorang mendapatkan adzab
kubur. Dalilnya adalah sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“Kebanyakan adzab kubur itu adalah disebabkan oleh air kencing.”[4]
Imam al-Munawi
rahimahullah berkata, “Maksudnya adalah bahwa
kebanyakan adzab kubur itu adalah disebabkan oleh sikap meremehkan
dalam menjaga dari air kencing.”
[5]
3. Menjauhi Perbuatan Namimah (Mengadu Domba)
Berlaku mengadu domba sesama manusia adalah termasuk sebab diadzabnya
seseorang di alam kuburnya. Hal itu berdasarkan hadits berikut :
Dari Ibnu Abbas
radhiyallahu ‘anhu ia berkata Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati dua buah kuburan, lalu beliau bersabda,
“Sesungguhnya
keduanya adalah sedang diadzab. Tidaklah keduanya diadzab disebabkan
perkara yang (tampak) besar. Adapun salah satunya tidak bersuci ketika
buang air kecil, sedangkan orang yang kedua adalah dahulunya berjalan
dengan melakukan namimah (adu domba)”
Kemudian beliau mengambil sebuah pelepah kurma yang masih basah, lalu
beliau membelahnya menjadi dua bagian, lalu beliau menancapkan pada
masing-masing kuburan tersebut sebatang. Mereka (yaitu para sahabat)
bertanya, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan hal itu?”. Beliau
Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
“Semoga adzab kubur itu menjadi diringankan atas keduanya selama kedua batang tersebut belum kering.” [6]
4. Meninggalkan Perbuatan dan Perkataan yang Mengandung Ghibah (Menggunjing)
Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam “Sesungguhnya
keduanya sedang diadzab, dan keduanya tidaklah diadzab disebabkan oleh
perkara yang tampak besar, adapun salah satunya adalah diadzab
disebabkan oleh air kencing, sedangkan yang kedua adalah diadzab
disebabkan oleh ghibah.”[7]
Al-Hafidz Ibnu Rajab
rahimahullah berkata, “Maksiat yang menyebabkan adzab pada hari kiamat ada dua macam yaitu hak Allah
Ta’ala dan hak hamba-hambaNya.
Perkara pertama yang diadili pada hari kiamat dari jenis hak-hak Allah
Ta’ala adalah sholat, sedangkan dari jenis hak-hak hamba adalah masalah darah.
Adapun di alam barzakh, maka perkara yang diadili pertama kali adalah
muqaddimah (pendahuluan) dari dua hak ini dan sarana-sarananya.
Jadi, muqaddimah sholat adalah bersuci dari hadats dan najis, sedangkan muqoddimah masalah darah adalah
namimah (perbuatan
mengadu domba) dan merendahkan kehormatan. Dua perkara ini adalah
berupa gangguan yang paling ringan (dalam hal pelanggarannya), oleh
karena itu perhitungan dan adzab di alam barzakh dimulai dengan
keduanya.”
[8]
5. Tidak Berwasiat Agar Diadakan Niyahah (Ratapan) Setelah Meninggalnya
Berwasiat kepada orang lain agar meratapi kematiannya adalah
merupakan perbuatan yang diharamkan dan dapat menyebabkan diadzabnya
seseorang dalam kuburnya. Dalilnya adalah sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“Mayyit (orang yang telah meninggal) itu diadzab di alam kuburnya disebabkan oleh ratapan atasnya.” [9]
Imam al-Baihaqi
rahimahullah berkata, “Bab adzab kubur yang
dikhawatirkan akan menimpa disebabkan oleh ratapan untuk mayyit.
Sebagian ahli ilmu berkata, ‘Hal itu apabila (orang yang meninggal
dunia) berwasiat agar dirinya diratapi setelah mati’.”
[10]
6. Selalu Berada Dalam Keadaan Suci Ketika Sholat
7. Menolong Orang yang Terdhalimi
Kedua perkara ini berdasarkan sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
Ada
seorang hamba di antara hamba-hamba Allah yang dipukul di kuburnya
sebanyak seratus cambukan. la terus-menerus memohon dan berdoa agar
pukulannya hanya satu kali saja, maka kuburnyapun menjadi penuh dengan
api. Ketika telah diangkat dan tersadar, maka ia berkata, “Mengapa
engkau memukulku ?” Maka dijawab, “Sesungguhnya engkau pernah telah
melewati orang yang terdzolimi, akan tetapi engkau tidak menolongnya.”[11]
8. Bersedekah
Bersedekah adalah dapat menyelamatkan dari adzab kubur. Dalilnya adalah sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“Sesungguhnya
sedekah itu benar-benar dapat memadamkan panasnya kubur dari orang
yang menghuninya. Dan seorang mukmin itu hanyalah bernaung pada hari
kiamat di bawah naungan sedekahnya.” [12]
9. Amal-amal Sholih Seperti Sholat, Puasa, Kebaikan Dan Sebagainya
Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“sesungguhnya
mayit itu apabila diletakkan di dalam kuburnya, maka ia mendengar suara
sandal-sandal mereka ketika mereka berpaling darinya. Apabila dia
adalah orang yang beriman, maka sholat itu berada di samping kepalanya,
puasa berada di sebelah kanannya, zakat di sebelah kirinya, dan
perbuatan baik seperti shadaqah, shalat, perbuatan ma’ruf, perbuatan
ihsan kepada manusia berada di kedua kakinya. Lalu didatangi dari arah
kepalanya, maka shalat berkata, “Tidak ada jalan masuk dari arahku”.
Lalu didatangi dari sebelah kanannya, maka puasa mengatakan, “Tidak ada
jalan masuk dari arahku”, lalu didatangi dari sebelah kirinya, maka
zakat berkata, “Tidak ada jalan masuk dari arahku “. Lalu didatangi dari
arah kedua kakinya, maka perbuatan baik yang berupa sedekah, shalat,
perbuatan ma’ruf dan ihsan kepada manusia mengatakan, “Tidak ada jalan
masuk dari arahku”. Lalu dikatakan kepada orang tersebut, “Duduklah”. …[13]
10. Membaca al-Qur’an
11. Berjalan menuju masjid
Membaca al-Qur’an dan melangkah menuju masjid untuk beribadah
didalamnya adalah merupakan perkara yang dapat menyelamatkan dari adzab
kubur. Hal itu berdasarkan sabda beliau
Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“Seseorang
didatangkan di dalam kuburnya. Apabila dia didatangi dari arah
kepalanya, maka bacaan al-Qur’an membelanya. Apabila didatangi dari arah
kedua tangannya, maka sedekah membelanya. Apabila didatangi dari arah
kedua kakinya, maka langkah orang itu ke masjid-masjid membelanya.”[14]
12. Berlindung dari adzab kubur
Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah
memerintahkan umatnya agar berlindung dari adzab kubur. Perintah
tersebut tidak hanya sekali, bahkan berulang-ulang dalam beberapa
keadaan yang ditemui oleh seorang muslim setiap harinya. Di antaranya
adalah :
a. Setiap selesai tasyahhud akhir.
Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“Apabila
salah seorang di antara kalian telah selesai dari bertasyahhud akhir,
maka mintalah perlindungan kepada Allah dari empat perkara: dari adzab
Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah hidup dan mati dan dari
keburukan fitnahnya Dajjal al-Masih. “[15]
b. Pagi dan petang
Ibnu Mas’ud
radhiyallahu ‘anhu berkata, “Dahulu Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila berada pada waktu petang beliau membaca :
Kami
berada pada waktu petang, sedangkan kekuasaan adalah kepunyaan Allah.
Segala puji bagi Allah. Tidak ada sesembahan yang berhak disembah
melainkan hanya Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Dia Maha Kuasa
atas segala sesuatu. Ya Allah, aku memohon kebaikan malam ini dan
berlindung dari keburukan malam ini dan keburukan apa-apa yang ada
setelahnya. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari
kemalasan dan buruknya masa tua. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung
kepadaMu dari adzab di Neraka dan adzab di kubur. ” [16] Dzikir pagi dan petang bisa dilihat
Disini. [17]
Demikianlah sebagian di antara perkara-perkara yang dapat menyelamatkan kita semua dari adzab kubur. Semoga Allah
Ta’ala melindungi kita semua darinya.
Amiin Ya Rabbal ‘alamiin.
[Disalin kembali dari
Majalah Islami Adz-Dzakhirah Al-Islamiyyah, volume 8, nomor 11,
Edisi 65, tahun 1431.H/ 2010.M]
[1] Pembahasan ini merujuk kepada:
At-Taitzkiroli bi Ahwaal al-Mautaa wa Ul)luur alAkhiroh, karya
Imam al-Qurthubi (w. 671 H), jilid 1, hal. 392-405, tahqiq Dr. Shaadiq
bin Muhammad, Maktabah Darul Minhaaj, Riyadh, cet. 1, 1425 H,
Ahwal al-Qubuur wa Ahwaalu Ahliha 11aa an-Nus tiur, karya Ibnu Rajab al-Hambali, takhrij dan ta’liq Kholid Abdullathif, Darul Kitab al-Arobi, cet. 3,1414 H/1994 M, hal. 85-93,
Itsbat Adzab al-Qabr, karya al-Baihaqi, tahqiq Dr. Syaraf Mahmud, Darul Furcloon, Amman, Yordania, cet. 3,1413/1992 dan
Adzab al-Qobr, karya Muhammad in Abdul Wahhab al-Wishaabi, hal. 31-50.
[2] Shohih al-jaami’, no. 3643, Syaikh al-Albani berkata, “Shohih”
[3] Shohih at-Targhib wa at-Tarhiib, no. 1589, jilid 2, hal. 253. Syaikh al-Albani
rahimahullah berkata, “Hasan”).
[4] Shohih al-jaaini’, no. 3971, dan Syaikh al-Albani
rahimahullah berkata, “Shohih”
[5] Faidh al-Qodiir, jilid 4, hal. 299, Darul Ma’rifah, Beirut
[6] HR. Bukhari, no. 218 dan Muslim, no. 292
[7] Shohih al-jaami’, no. 2441, Syaikh al-Albani
rahimahullah berkata, “Shohih”
[8] Ahwaal al-Qubuur wa Ahliha Ila an-Nusyuur, hal. 89
[9] HR. Bukhari, no. 1292 dan Muslim, no. 927
[10] Itsbaat Adzaab al-Qobr, hal. 91
[11] Shohih at-targhib, no. 2234, Syaikh al-Albani
rahimahullah berkata, “Hasan Lighorii”
[12] Ash-Shohihah, no. 3484
[13] Shohih at-Targhib, no. 3561, Syaikh al-Albani
rahimahullah berkata, “Hasan”
[14] Shohih atTarghib wa at-Tarhib, jilid 3, hal. 405. Syaikh al-Albani
rahimahullah berkata, “Hasan”
0 komentar:
Posting Komentar