728x90 AdSpace

Pos Terbaru

Makna Kata Fitnah dalam Al-Qur'an

Makna Kata Fitnah dalam Al-Qur'an

Kata fitnah di dalam al-Qur'an memiliki banyak makna, diantaranya:

1. Fitnah dengan makna syirik. 
Seperti dalam firman Allah (yang artinya), “Dan perangilah mereka sampai tidak ada lagi fitnah.” (QS. al-Baqarah: 193). Demikian pula dalam ayat (yang artinya), “Fitnah itu lebih besar daripada pembunuhan.” (QS. al-Baqarah: 217)

2. Fitnah dengan makna kekafiran. 
Seperti dalam firman Allah (yang artinya), “Adapun orang-orang yang di dalam hatinya terdapat penyimpangan, maka mereka mengikuti ayat-ayat mutasyabih itu demi mencari fitnah.” (QS. Ali 'Imran: 7)

3. Fitnah dengan makna ujian dan cobaan.
Misalnya dalam ayat (yang artinya), “Sungguh Kami telah memfitnah orang-orang sebelum mereka.” (QS. al-'Ankabut: 3).

4. Fitnah dengan makna siksaan. 
Seperti dalam ayat (yang artinya), “Rasakanlah fitnah untuk kalian.” (QS. Adz-Dzariyat: 14). Dan juga ayat (yang artinya), “Apabila dia diganggu di jalan Allah, maka dia menganggap fitnah manusia seperti azab dari Allah.” (QS. al-'Ankabut: 10)

5. Fitnah dengan makna dosa. 
Misalnya dalam ayat (yang artinya), “Ketahuilah, sesungguhnya di dalam fitnah itulah mereka terjatuh.” (QS. at-Taubah: 49). Demikian pula firman Allah (yang artinya), “Hendaklah merasa takut orang-orang yang menyelisihi perintahnya bahwa mereka akan tertimpa fitnah.” (QS. an-Nur: 63)

6. Fitnah dengan makna pembunuhan. 
Seperti dalam ayat (yang artinya), “Jika kalian khawatir orang-orang kafir itu akan memfitnah kalian.” (QS. an-Nisaa': 101)

7. Fitnah dengan makna kesesatan dan kebingungan. 
Seperti dalam ayat (yang artinya), “Dan barangsiapa yang Allah kehendaki ia terfitnah.” (QS. al-Ma'idah: 41)

8. Fitnah dengan makna sesuatu yang menyebabkan lalai. 
Seperti dalam firman Allah (yang artinya), “Sesungguhnya harta dan anak-anak kalian adalah fitnah.” (QS. at-Taghabun: 15)

(Mauqif al-Muslim minal Fitan fi Dhau'il Kitab was Sunnah, hal. 45-50)
Sumber: http://terjemahkitabsalaf.wordpress.com/

Faisal Choir Blog :

Blog ini merupakan kumpulan Artikel dan Ebook Islami dari berbagai sumber. Silahkan jika ingin menyalin atau menyebarkan isi dari Blog ini dengan mencantumkan sumbernya, semoga bermanfaat. “Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR. Muslim). Twitter | Facebook | Google Plus

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Makna Kata Fitnah dalam Al-Qur'an Description: Rating: 5 Reviewed By: samudera ilmu
Scroll to Top