728x90 AdSpace

Pos Terbaru

Ingin Pindah Rumah Dekat Masjid?

Jika rumah dekat dengan masjid, akan sedikit mendapatkan ini...

Dari Jabir radhiyallahu’anhu ia berkata, “Bani Salimah ingin berpindah rumah dekat dengan masjid, kemudian kabar itu terdengar oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, maka beliau bersabda, “Aku mendengar bahwa kalian ingin pindah tempat yang dekat dengan masjid." Mereka menjawab, “Benar wahai Rasulullah kami ingin pindah dekat dengan masjid.” Beliau bersabda, “Wahai Bani Salimah, sungguh tiap langkah dari rumah kalian itu dicatat kebaikan! Sungguh setiap langkah dari rumah kalian itu dicatat sebuah kebaikan!” (HR. Muslim no.665) Dalam riwayat lain disebutkan, “Satu langkah itu mengangkat satu derajat”

Dari Abu Al-Mundzir Ubai bin Kaab radhiyallahu’anhu ia berkata, “Ada seorang yang sepengetahuanku tidak seorangpun yang lebih jauh rumahnya dari masjid dan ia tidak pernah tertinggal shalat jamaah. Kemudian ada seseorang yang mengatakan, atau saya katakan kepadanya, “Seandainya kamu membeli keledai yang dapat kamu naiki ketika hari masih gelap atau ketika tidak terik?” Ia menjawab, “Aku tidak ingin rumahku dekat dengan masjid, karena aku ingin setiap langkahku berangkat ke masjid dicatat sebagai kebaikan, begitu pula langkah-langkah kepulanganku.” Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Allah telah mengumpulkan semua catatan itu bagimu.” (HR. Muslim no. 663) Dalam riwayat yang lain disebutkan, “Sungguh bagimu apa yang kamu harapkan.”

“Barangsiapa berwudhu dengan sempurna, kemudian keluar dari rumahnya menuju masjid untuk tujuan shalat, maka setiap langkahnya dicatat baginya satu derajat dan digugurkan satu dosa baginya.” (HR. Bukhari no. 457, 611, 1976)

Hadits diatas sebagai dalil bahwa seseorang yang berjalan menuju masjid –baik keberangkatannya, maupun kepulangannya-, ia akan mendapatkan dua pahala ditiap ayunan langkah kakinya.
Pertama: diangkat satu derajatnya.
Kedua: Digugurkan / dihapuskan satu dosa baginya.

Namun bagi rumahnya yang dekat masjid jangan berkecil hati, Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Setiap perbuatan yang baik adalah sedekah." (HR. Bukhari dan Muslim)

Faisal Choir Blog :

Blog ini merupakan kumpulan Artikel dan Ebook Islami dari berbagai sumber. Silahkan jika ingin menyalin atau menyebarkan isi dari Blog ini dengan mencantumkan sumbernya, semoga bermanfaat. “Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR. Muslim). Twitter | Facebook | Google Plus

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ingin Pindah Rumah Dekat Masjid? Description: Rating: 5 Reviewed By: samudera ilmu
Scroll to Top