728x90 AdSpace

Pos Terbaru

Makna Fitnah dalam Al-Quran

Makna Fitnah dalam Al-Quran

Kata fitnah (الفِتْنَةُ) sering terlintas di telinga kita dan terucap di lisan, namun masih banyak orang yang belum memahaminya dengan baik. Sebab ketika mendengar kata fitnah, maka dalam benak kita langsung mengarah kepada makna yang sempit yaitu “tuduhan yang tidak dilandasi bukti yang benar kepada seseorang atau kelompok tertentu dengan maksud menjelekkan orang (seperti, menodai nama baik, dan merugikan kehormatan orang)”.

Padahal sebenarnya kata fitnah memiliki cakupan makna yang cukup luas daripada itu.

Fitnah berasal dari bahasa arab. Para ahli bahasa Arab menjelaskan bahwa dalam kata fitnah terkandung makna ujian (الامْتِحَانُ) dan upaya untuk menyingkap sesuatu (الاِخْتِبَارُ). Oleh karenanya, kata fitnah pada asalnya digunakan untuk pengujian kadar keaslian emas atau untuk membedakan antara emas yang asli atau bukan, dengan cara dimasukkan ke dalam api yang panas. (Lihat Lisanul ‘Arab (13/317))

Di edisi kali ini, kami akan menjelaskan beberapa makna fitnah yang tertera di dalam Kitabullah agar kita tak salah kaprah tentang makna fitnah. 

1. Fitnah Bermakna Syirik (menyekutukan Allah dengan sesuatu dalam ibadah).

Allah -Subhana Wa Ta’ala- berfirman,
وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّى لَا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ لِلَّهِ فَإِنِ انْتَهَوْا فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِمِينَ  [البقرة/193]
“Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah (Syirik) lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim.” (Q.S. Al-Baqarah: 193)

Al-Imam Ibnu Jarir -rahimahullah- berkata, “Allah maksudkan, sampai tak ada kesyirikan (penyekutuan) terhadap Allah dan sehingga tak ada seorang pun yang disembah selain-Nya, penyembahan arca-arca, sesembahan dan tandingan sirna semuanya, serta ibadah dan ketaatan hanya untuk Allah saja, tanpa selain-Nya dari kalangan berhala dan arca”. [Lihat Jami’ Al-Bayan (3/570)]

Al-Imam Abu Muhammad Isma’il bin Abdir Rahman bin Abi Karimah Al-Kufiy -rahimahullah- berkata, “Adapun fitnah (الفِتْنَةُ), maka ia adalah kesyirikan”. [Lihat Tafsir Ath-Thobariy (no. 3117)]

Disana ada sebuah ayat yang sering disalahpahami oleh sebagian orang saat memaknai kata fitnah (الفتنة), yaitu ayat berikut,
وَاقْتُلُوهُمْ حَيْثُ ثَقِفْتُمُوهُمْ وَأَخْرِجُوهُمْ مِنْ حَيْثُ أَخْرَجُوكُمْ وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ [البقرة/191]
“Dan Bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka Telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah (kesyirikan) itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan “. (QS. Al-Baqoroh : 191)

Ayat ini sering disalahgunakan oleh kaum awam saat mereka mendengar ada seseorang yang menuduh orang lain, maka ia pun berkata dengan lugunya, “Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan”. Padahal para ulama telah menjelaskan bahwa dosa pembunuhan adalah dosa terbesar setelah kesyirikan”. [Lihat Al-Kaba’ir (hal. 12) karya Adz-Dzahabiy, Dar An-Nadwah Al-Jadidah]

Al-Imam Abul Khoththob Qotadah bin Di’amah As-Sadusiy -rahimahullah- berkata saat memaknai kata fitnah dari ayat di atas, “Kesyirikan lebih bahaya dari pembunuhan”. [Lihat Jami’ Al-Bayan fi Ta’wil Aayil Qur’an (no. 3098)]

Abul Faroj Abdur Rohman Ibnul Jawziy Ad-Dimasyqiy -rahimahullah- berkata, “Kata “fitnah” disini bermakna kesyirikan. Penafsiran ini dinyatakan oleh Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Mujahid, Ibnu Jubair dan Qotadah serta sekelompok ulama”. [Lihat Zaadul Masiir (1/210)]

2. Fitnah Bermakna Ujian dan Cobaan

Allah -Subhana Wa Ta’ala- berfirman,
وَاعْلَمُوا أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ  [الأنفال/28]
“Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai fitnah (cobaan) dan bahwa di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (Q.S. Al-Anfal: 28)

Al-Imam Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithiy -rahimahullah- berkata, “Allah -Ta’la- memerintahkan manusia dalam ayat yang mulia ini agar mereka mengetahui bahwa harta dan anak adalah fitnah (ujian) yang dengannya mereka diuji”. [Lihat Adhwaa’ Al-Bayaan (2/51)]

3. Fitnah Bermakna Adzab (siksaan)

Allah -Ta’ala- berfirman,
إِنَّا جَعَلْنَاهَا فِتْنَةً لِلظَّالِمِينَ  [الصافات/63]
“Sesungguhnya Kami menjadikan pohon Zaqqum itu sebagai fitnah (siksaan) bagi orang-orang yang zalim.” (Q.S. Ash-Shaaffat: 63)

Al-Imam Abu Muhammad Ibnu Qutaibah Ad-Dainuriy -rahimahullah- menjelaskan bahwa fitnah disini bermakna “siksaan”. [Lihat Ghoribul Qur’an (hal. 372) oleh Ad-Dainuriy, cet. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah, 1398 H]

Dari sinilah muncul istilah fitnah kubur, artinya siksa kubur atau ujian dan pertanyaan dua malaikat, Munkar dan Nakir di alam kubur. 

4. Fitnah Bermakna Dosa

Allah -Ta’ala- berfirman,
بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ  [العنكبوت/49]
“Di antara mereka ada orang yang berkata, “Berilah saya keizinan (tidak pergi berperang) dan janganlah kamu menjadikan saya terjerumus dalam fitnah (dosa)”. Ketahuilah bahwa mereka telah terjerumus ke dalam fitnah (dosa). Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar meliputi orang-orang yang kafir.” (Q.S. Al-Ankabut: 49).

Al-Imam Abu Ja’far Ath-Thobariy -rahimahullah- membawakan sebuah atsar dari Qotadah Al-Bashriy bahwa makna fitnah di dalam ayat ini adalah dosa (اْلإِثْمُ). [Lihat Jami’ Al-Bayan (no. 16791), dengan tahqiq Ahmad Syakir]

5. Fitnah Bermakna Pembakaran dengan Api

Allah -Subhana Wa Ta’ala- berfirman,
إِنَّ الَّذِينَ فَتَنُوا الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوبُوا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيقِ  [البروج/10]
“Sesungguhnya orang-orang yang mem-fitnah (membakar) orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan kemudian mereka tidak bertaubat, maka bagi mereka azab Jahannam dan bagi mereka azab (neraka) yang membakar.”  (Q.S. Al-Buruj: 10)

Al-Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al-Qurthubiy -rahimahullah- berkata, “Maksudnya, mereka membakar orang-orang beriman dengan api. Orang Arab bilang, “Si fulan mem-fitnah uang dirham dan dinar, bila ia memasukkannya ke dalam tungku api agar ia bisa melihat kualitasnya”. [Lihat Al-Jami li Ahkam Al-Qur’an (19/295)]

6. Fitnah Bermakna Pembunuhan

Allah -Subhana Wa Ta’ala- berfirman,
وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِي الْأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلَاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُبِينًا [النساء/101]
“Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, Maka tidaklah mengapa kamu men-qashar  sholat(mu), jika kamu takut di-fitnah (dibunuh) oleh orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. (Q.S. An-Nisaa: 101).

Al-Imam Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghowiy -rahimahullah- menerangkan bahwa maksud dari kata di-fitnah adalah “dibunuh”. [Lihat Ma’alim At-Tanzil (1/685/695), cet. Dar Ihya’ At-Turots Al-Arobiy, 1420 H]

7. Fitnah Bermakna Berpaling dari Jalan yang Lurus

Allah -Azza wa Jalla- berfirman,
وَأَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ أَنْ يَفْتِنُوكَ عَنْ بَعْضِ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ إِلَيْكَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ أَنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُصِيبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوبِهِمْ وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ لَفَاسِقُونَ  [المائدة/49]
“Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak mem-fitnah (memalingkan) kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.” (Q.S. Al-Maidah: 49).

Mem-fitnah disini bermakna “memalingkan” sebagaimana yang dituturkan Ahli Tafsir Negeri Syam, Al-Imam Ibnul Jauziy -rahimahullah- dalam Zaadul Masiir (2/221)

Inilah beberapa buah dalil yang menunjukkan bahwa kata fitnah (الْفِتْنَةُ) memiliki makna yang lebih luas. Telah menjadi ketetapan Allah yang tidak akan pernah berubah bahwa dalam kehidupan manusia sangat mustahil tanpa adanya fitnah. Cobaan dan ujian senantiasa mengitari kehidupan kita untuk mengetahui siapa yang jujur keimanannya dan yang hanya sekedar pengakuan belaka. Dengan adanya fitnah akan terlihat keteguhan hati dan kesabaran yang murni di atas ketaatan kepada Allah -Subhana Wa Ta’ala- sehingga pada akhirnya mereka akan keluar  dalam keadaan murni dan bersih sebagaimana murninya emas setelah dibakar ke dalam api. Allah -Azza wa Jalla- berfirman,

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّى يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آَمَنُوا مَعَهُ مَتَى نَصْرُ اللَّهِ أَلَا إِنَّ نَصْرَ اللَّهِ قَرِيبٌ  [البقرة/214]
“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (Q.S. Al-Baqarah: 214)

[Sumber: http://al-atsariyyah.com/berkenalan-dengan-fitnah.html]

Allah Ta’ala juga berfirman,
وَجَعَلْنَا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُونَ
“Dan Kami jadikan sebahagian kamu cobaan bagi yang lain. Sanggupkah kamu bersabar?” (QS. Al-Furqan: 20).

Maka demikianlah, Allah Ta’ala telah menjadikan wali-walinya sebagai fitnah (cobaan) bagi musuh-musuh-Nya. Sebaliknya, Allah Ta’ala menjadikan musuh-musuh-Nya sebagai fitnah bagi wali-wali-Nya. Dan raja juga merupakan fitnah bagi rakyatnya, serta rakyat merupakan fitnah bari raja mereka. Laki-laki merupakan fitnah bagi perempuan dan sebaliknya. Orang kaya merupakan fitnah bagi orang miskin dan begitu juga sebaliknya. Maka, setiap orang akan diuji dengan lawan yang Allah Ta’ala jadikan sebagai kebalikannya. Tidaklah berdiri kaki Adam dan Hawa di atas muka bumi melainkan lawan mereka berdua senantiasa di hadapan mereka. Dan perkara ini akan terus berlanjut sampai kepada keturunan berikutnya, sampai Allah Ta’ala menggulung dunia ini bersama siapa saja yang ada di atasnya. 

Betapa banyak yang Allah Ta’ala miliki -dari semisal cobaan dan ujian ini- berupa hikmah yang sempurna, nikmat yang luas, keputusan yang pasti, perintah dan larangan, serta pengaturan. seluruhnya menunjukkan akan kesempurnaan sifat rububiyyah Allah dan uluhiyyah-Nya, serta  kerajaan dan sifat terpuji-Nya. Demikian juga, cobaan baik dan buruk atas hamba-Nya di dunia ini, merupakan bentuk dari kesempurnaan hikmah Allah dan keterpujian sifat-Nya yang sempurna. 

[Tambahan faedah dari Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Web beliau: Dzikra.com]

Faisal Choir Blog :

Blog ini merupakan kumpulan Artikel dan Ebook Islami dari berbagai sumber. Silahkan jika ingin menyalin atau menyebarkan isi dari Blog ini dengan mencantumkan sumbernya, semoga bermanfaat. “Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR. Muslim). Twitter | Facebook | Google Plus

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Makna Fitnah dalam Al-Quran Description: Rating: 5 Reviewed By: samudera ilmu
Scroll to Top