Pemahaman Bid’ah Untuk Orang Awam

Label: Akidah, Bid'ah, Manhaj


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’iinuhu wanastaghfiruhu Wana’udzubiillah minsyurruri ‘anfusinaa waminsayyi’ati ‘amaalinnaa manyahdihillah falah mudhillalah Wa man yudhlil falaa haadiyalah wa-asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wah-dahu laa syariikalah wa-asy-hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.

Mari memahami Bid’ah dengan Logika (bukan berarti kita main akal atau mu’tazilah lhoo)

Kenapa saya memilih bahasan dengan logika ? alasannya adalah karena saya ingin memberikan pengetahuan “Dasar” kepada kaum muslimin, khususnya bagi yang baru saja belajar mendalami agama Islam terlebih tentang kaidah Bid’ah.

Baiklah, saya tekankan bahwa kata “Bid’ah” itu jika di “Indonesia” kan berarti INOVASI, untuk itu saya akan menyebut INOVASI dalam penjelasan – penjelasan di bawah ini (Supaya lebih familiar di telinga OK .. )


1. Apa itu INOVASI ?
INOVASI adalah hal baru, hal-hal yang sudah diberi penambahan dan pengurangan sehingga menjadi baru atau berubah dari kondisi sebelumnya.

2. Apa yang mendasari INOVASI ini tercipta ?
Kecenderungan manusia yang selalu mengembangkan akal pikiran, ilmu pengetahuan dan rasa ketidakpuasan terhadap sesuatu yang sudah ada (Selalu merasa kurang).

3. Apa sebab INOVASI ini ada ?
Waktu yang menyebabkan INOVASI ini terus berkembang.

4. Apakah INOVASI selalu baik buat manusia?
Tentu Tidak !! Ada INOVASI yang baik dan bermanfaat buat sesama manusia ada juga yang INOVASI yang berakibat buruk buat manusia.

5. Contoh INOVASI yang baik buat manusia ?
  • Kereta kuda menjadi Mobil
  • Telegram menjadi SMS
  • Surat menjadi E-Mail
  • Mesin Ketik menjadi Laptop
  • Kurir Pesan menjadi Gelombang Radio/Signal Telephone
  • Bedah pisau menjadi bedah laser
  • Dan masih buaanyaaaaaak lagi hampir semua teknologi dan fasilitas yang kita pake saat ini merupakan hasil dari INOVASI dari jaman sebelumnya

6. Contoh INOVASI yang berakibat buruk buat manusia ?
  • Robot yang gagal produk
  • Kawin silang manusia dengan hewan
  • Produk yang menyebarkan radiasi
  • Mesin yang menimbulkan pencemaran (polusi)
  • Peralatan yang mudah meledak tanpa pengamanan khusus
  • Pencampuran melamin dalam susu
  • Penggunaan bahan kimia dalam jamu
  • Penggunaan narkotik untuk konsumsi harian
  • Dan masih banyak lagi contohnya

7. INOVASI di atas bisa dalam kehidupan sehari-hari, banyak contoh barangnya, adakah INOVASI dalam agama ?
Ada !

8. INOVASI apa contohnya ?
INOVASI dalam beribadah kepada Tuhannya

9. Ibadah kok ber-INOVASI ? Apa boleh ?
Dalam Islam TIDAK BOLEH ! tapi agama lain mungkin DIBIARKAN..

10. Contoh INOVASI yang dibiarkan oleh agama lain ?
Kitab injil yang keluar dengan beberapa versi pembaharuan (INOVASI )

11. Contoh INOVASI beribadah dalam Islam yang dilarang ?
Semuanya dilarang dong …
  • Cara sholat yang tidak sesuai ajaran Rasulullah
  • Cara puasa yang tidak sesuai ajaran Rasulullah
  • Cara berdo’a yang tidak sesuai ajaran Rasulullah
  • Cara berdzikir yang tidak sesuai ajaran Rasulullah
  • Cara berwudhu yang tidak sesuai ajaran Rasulullah
  • Cara adzan yang tidak sesuai ajaran Rasulullah
  • Dan semua bentuk ibadah kepada Allah yang tidak sesuai ajaran Rasulullah

12. INOVASI untuk ibadah kok dilarang ? kalo lebih baik kenapa tidak ?
Islam sudah sempurna bro !! Kenapa ada penambahan dan pengurangan kalo Allah sendiri sudah bilang SEMPURNA !!

13. Nah itu .. Mobil, Laptop dan fasilitas INOVASI lain kok boleh dilakukan ?
Itu bukan INOVASI beribadah bro .. tapi INOVASI pada kebutuhan dunia.

14. Bukankah mobil untuk ke masjid, pesawat terbang untuk pergi Haji adalah bentuk ibadah ? Berarti mobil, pesawat dan lainnya juga bisa saja termasuk INOVASI dalam hal ibadah dong ?
Itukan tujuan selanjutnya, bukan tujuan utamanya ..

15. Maksud bukan tujuan utamanya ?
  • Mobil, pesawat, kereta api, kapal pesiar dibuat sebagai bentuk INOVASI dengan tujuan asal adalah INOVASI dalam bentuk transportasi baik darat, laut atau udara.
  • Begitu Juga dengan speaker, gelombang radio, telephone dibuat sebagai bentuk INOVASI dengan tujuan asal INOVASI untuk komunikasi baik yang berupa pengeras suara maupun komunikasi jarak jauh.
  • Contoh lain dakwah melalui Internet, tujuan utama dari INTERNET adalah bentuk INOVASI dalam hal teknologi informatika dan elektronika.
16. Berarti untuk membedakan apakah INOVASI itu bentuk ibadah atau bukan musti dilihat tujuannya dulu ya ?
Yup .. benar

17. Nah kalo Al-Quran yang disusun menjadi kitab, itu INOVASI dalam bentuk apa ?
Menyusun Al-Quran bukan INOVASI bro .. tapi udah dari jaman Rasulullah.

18. Ah masak sih ? Buktinya ?
Iya .. pengumpulan dan penyusunannya melalu hafalan (disimpan di ingatan dan hati) para sahabat, ditulis di atas daun, kulit, tulang dan sejenisnya.

19. Tapi kok sekarang Al-Quran jadi buku (kitab) yang sangat menarik dan mudah dibaca ? Bukankah ini juga termasuk INOVASI yang baik ? Karena memudahkan buat kita di jaman ini.. dan membaca Al-Quran ini adalah ibadah apakah ini juga dilarang karena termasuk INOVASI dalam ibadah ?

INOVASInya kan dari media cetaknya bro .. dari daun menjadi kertas, dari diikat (disatukan) menjadi dijilid, so ini INOVASI di media cetak dan sekarang juga ada INOVASI dari media cetak menjadi media digital dengan tujuan untuk memudahkan apa yang akan dilihat, dibaca pada media cetak atau media digital itu.

20. Jadi INOVASI pembuatan Al-Quran itu ada di medianya ya .. bukan INOVASI di cara membacanya Al-Qurannya ?
Betul sekali, kalo ada orang yang membaca Al-Quran dengan selalu menambahkan ayat atau menambahkan bacaan lain itu baru namanya INOVASI dalam beribadah.

21. Emang ada INOVASI dalam membaca Al-Quran ?
Ada .. Contohnya :
  • Aliran (sekte) yang sholat membaca ayat Al-Quran kemudian ditambah dengan terjemahannya dalam sholatnya
  • Setelah selesai membaca Ayat selalu diakhiri dengan bacaan sodaqollahul adziim.

22. Berarti kesimpulannya INOVASI itu ada 2 pengelompokkan pokok ya ?
Betul .. yaitu :
  • INOVASI dalam segi bahasa yang berarti penemuan baru, hal baru , perkara baru yang tidak menjadi dasar pokok untuk beribadah kepada Allah.
  • INOVASI dalam beribadah kepada Allah.

23. Terus kalo INOVASI dalam segi bahasa terbagi juga kan ?
Ya .. yaitu :
  • INOVASI yang baik, terpuji, dan bermanfaat.
  • INOVASI yang buruk, tercela dan merugikan.
  • Mungkin ada juga INOVASI yang ditengah – tengah , tidak baik dan juga tidak buruk.

24. Kalo INOVASI dalam beribadah ada pembagiannya juga gak ?
Gak Ada !! Karena INOVASI dalam beribadah semuanya DILARANG ! DOSA ! ancamannya neraka bro.

25. Kalo masih ada yang bingung ? Ragu ? Dan berselisih ? Gimana dong ?
Gampang.. kalo ada dalil dari Al-Quran dan As-Sunnah berarti jalanin, kalo gak ada berarti termasuk INOVASI dalam beribadah yang musti kita tinggalkan.

26. Kalo ada yang berdalil, Ulama ini bilang baik, Imam ini bilang boleh, Wali ini bilang sunnah gimana dong ?
Gampang .. Kalo Rasulullah dan 3 generasi sahabat tidak pernah mengajarkan dan mengamalkan berarti tinggalkan !!

27. Kalo ada yang berdalih.. tapi Sahabat bilang boleh, sahabat bilang baik gimana dong ? Dia kan juga 3 generasi sahabat.. umat terbaik ?
Kalo dibenarkan Rasulullah berarti dilakukan dong.. tapi kalo bertentangan dengan Rasulullah tinggalkan.. tinggian mana keislaman dan keimanan antara Rasulullah dengan sahabat .. hayo ??!!

28. Walaupun banyak yang melakukan, bahkan sebagian besar melakukan amalan itu karena dianggap baik menurut Imam, Ulama dan Wali ? Masak kita gak boleh ikut ikutan yang baik to?
Baik menurut siapa bro ??!! Apakah mungkin Rasulullah menyembunyikan amalan baik yang bisa mendatangkan ridha Allah ? Kalo itu baik menurut Rasulullah, pasti sudah diajarkan dan diamalkan oleh para sahabat dan 3 generasi terbaik dong ..

29. Trus apa bedanya amalan baik yang belum di contohkan Rasulullah dan para sahabat dengan INOVASI dalam beribadah ?
Gak Ada Bedanya !! Amal baik kan merupakan ibadah .. kalo dulu (3 generasi terbaik) belum ada terus sekarang jadi ada berarti kan INOVASI amalan .. alias INOVASI dalam beribadah.

30. Kenapa banyak orang selalu diributkan dengan INOVASI beribadah ini ya ? Bahkan sampe ada yang jotos jotosan .. ?
Ya soalnya orang yang berINOVASI dalam ibadah menganggap dirinya bertambah lebih baik .. padahal yang benar-benar baik adalah yang sudah mengambil KESEMPURNAAN dalam Islam .. bukan malah MENYEMPURNAKAN ..!! Emang kita tu siapa ?? Berani-beraninya MENYEMPURNAKAN (menambah nambahi) amalan lain di dalam Agama yang telah sempurna ..

31. Trus kalo kita timbul perselisihan gimana ? Kita menganggap itu INOVASI, sebagian yang lain menganggap Amalan yang baik .. gimana ??
Bersabar, berikan penjelasan pelan pelan, kembalikan kepada Al-Quran dan As-Sunnah dan bertawakal pada Allah.

32. Kalo mereka memaksa kita untuk mengikuti INOVASI ibadah mereka gimana ?
Ya silahkan aja ikut .. kalo kamu gak takut pada neraka dan adzab Allah..

33. Trus mungkin gak mereka yang suka berINOVASI dalam agama itu bisa sadar akan hal ini ?
Hanya Allah yang mengetahui kebenarannya, karena sesungguhnya INOVASI dalam ibadah ini lebih disukai syetan daripada perbuatan maksiat.

34. Lha kok bisa syetan lebih suka INOVASI dalam ibadah dari maksiat ?
Orang bermaksiat tahu kalo maksiat itu jelek jadi kemungkinan untuk menjauh dari kejelekan dan bertobat banyak .. Tapi orang berINOVASI dalam ibadah ini menganggap inilah yang LEBIH BAIK .. Jadi bagaimana mungkin orang yang SUDAH beranggapan yang dilakukannya itu baik tapi suruh bertobat dari kebaikannya (yang dia anggap baik) itu.

35. Berarti bahaya banget ya INOVASI dalam ibadah ini ?
Betul bro .. inilah justru yang menyebabkan Perselisihan, perpecahan sesama muslim.

36. Sebab perselisihan muslim ? Apa maksudnya ?
Iya .. coba kalo semua dikembalikan pada Al-Quran dan As-Sunnah, pasti ketemunya satu titik yaitu Islam yang benar !! Tapi karena ada dan banyak yang berINOVASI dalam beribadah akhirnya umat Islam jadi terpecah belah, ada yang ikut INOVASInya ulama A, ada yang ikut INOVASI nya ulama B dan seterusnya.

37. Kalo semua kembali pada Al-Quran dan As-Sunnah tapi masih saja ada INOVASI dalam ibadah gimana dong ?
Berarti cara memahami Islam tidak sama dengan pemahaman pendahulu kita yang sholeh.

38. Pendahulu kita yang sholeh itu siapa ?
Dia adalah Salafush Sholeh yaitu 3 generasi terbaik setelah jaman Rasulullah.

39. Berarti selain dikembalikan pada Al-Quran dan As-Sunnah cara memahaminya gak boleh sembarangan ya ?
Iya dong … Agamanya Islam, landasan utamanya Al-Quran dan As-Sunnah, jalan-cara memahami dan mempelajarinya musti sesuai dengan orang-orang yang paling sholeh menurut Rasulullah yaitu 3 generasi sahabat.

40. Itukan generasi jaman dahulu ? Kalo sekarang siapa ?
Mereka adalah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

41. OK deh … Trus kesimpulannya berarti ?
  • Perbanyak belajar ilmu Syar’i
  • Pahami Islam dengan pemahaman Salafush Sholeh
  • Ikuti petunjuk Al-Quran dan As-Sunnah
  • Jauhi INOVASI dalam beribadah
  • Kalo terjadi hal yang membingungkan tinggalin dulu sampe tahu benar apakah sudah sesuai dengan ajaran Rasulullah ato malah gak ada ajaran dan tuntunannya sama sekali, kalo ada tuntunan dari Rasulullah jalanin, kalo gak tinggalin !

42. Kalo masih belom puas dengan penjelasan singkat ini ?
Baca lagi berulang ulang.
Renungi dengan hati yang paling bersih.

Yah … Semoga dengan pengetahuan saya yang minim tapi udah berusaha maksimal untuk menjelaskan INOVASI dengan bahasa sehari-hari, dapat memberikan kebaikan buat pembaca sekalian.

“Subhanakallahumma wabihamdika Asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaihi”
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
___________

Sebarkan artikel ini :


Artikel Terkait :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Aqidah

Ibadah

Nasehat

Hukum Islam

Penyejuk Hati

Faedah Ilmu